Gejala Asam Urat dan Penyebabnya

Gejala Asam Urat dan Penyebabnya - Asam urat (hyperuricemia) adalah penyakit yang ditimbulkan dari zat hasil buangan metabolisme dari purin. Salah satu penyebab penyakit asam urat dikarenakan masuknya purin kedalam tubuh dengan cara dibuang ke dalam ginjal sehingga berubah menjadi asam urat dalam darah yang dapat terus meningkat apabila terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengadung purin tinggi.

Gejala penyakit asam urat sangat banyak, jadi tidak bisa ditentukan dari beberapa faktor saja. Karena itu sangat disarankan untuk mengecek kondisi kesehatan Anda langsung ke dokter agar mendapatkan panduan yang jelas dan akurat. Beberapa gejala umum penyakit asam urat tinggi adalah sebagai berikut.
Gejala Asam Urat dan Penyebabnya
Gejala Asam Urat dan Penyebabnya

Gejala Asam Urat dan Penyebabnya

Gejala Timbulnya Penyakit Asam Urat :

  • Sendi terasa nyilu, linu, ataupun ngilu. Bahkan bisa sampai kesemutan dan membengkak, jika parah bisa sampai berwarna kemerahan (meradang).
  • Rasa nyeri pada sendi biasanya terasa di pagi hari, seperti saat bangun tidur ataupun malam hari sebelum tidur.
  • Rasa nyeri sendi yang terjadi berulang-ulang kali dalam waktu yang relatif cepat.
  • Bagian yang terasa nyeri biasanya adalah jari kaki, jari tangan, lutut, tumit, pergelangan tangan sampai siku.

Sebagian besar penderita penyakit asam urat biasanya juga terjangkiti penyakit yang cukup berbahaya lainnya seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), masalah pada ginjal, atau bisa juga diabetes. Dalam beberapa kasus, faktor kegemukan atau obesitas juga kerap ditemukan pada penderita asam urat. Oleh karena itu, penyakit asam urat ini harus secepatnya diobati agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan Anda, berikut ini terdapat sedikit ulasan mengenai penyebab penyakit asam urat.
Gejala Asam Urat dan Penyebabnya
Gejala Asam Urat dan Penyebabnya

Penyebab Penyakit Asam Urat Secara Umum :

  • Obat dan Vitamin
Salah satu pemicu timbulnya penyakit asam urat adalah disebabkan karena obat-obatan yang sifatnya diuretik, niasin, vitamin B3, dan obat imunosupresif.

  • Kondisi Medis
Pemicu lain timbulnya penyakit asam urat adalah disebabkan oleh kondisi medis yang kurang optimal. Seperti hipotiroidisme (tiroid kurang aktif), psoariasis, obesitas, dan leukimia.

  • Makanan bisa juga sebagai penyebab asam urat
Makanan yang mengandung kafein (kopi) dan alkohol dalam jumlah yang tinggi juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit asam urat, tak hanya itu, jenis makanan yang kaya akan purin seperti daging juga salah satu pemicunya.

Dari sekian banyak gejala dan penyebab seseorang menderita penyakit asam urat semoga saja dapat membantu Anda. Setidaknya Anda menghindari kebiasaan-kebiasaan Anda yang sebenarnya hal tersebut adalah pemicu timbulnya penyakit asam urat yang akan menyerang Anda dikemudian hari, jadi intinya agar Anda terhindar dari penyakit asam urat Anda harus benar-benar menjaga kondisi kesehatan Anda.

Silahkan Share On FB_Like, Tweet or G+ Jika info di atas bermanfaat. Trimakasih.

No comments:

Post a Comment