Gejala Penyakit Anemia dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Anemia dan Penyebabnya - Penyakit anemia atau yang lebih dikenal dengan kurang darah dapat dilihat dari beberapa gejala-gejala yang menandakan seseorang mengidap penyakit anemia. Penyebab penyakit anemia dapat dipicu oleh stres, faktor keturunan, ataupun gangguan kesehatan lainnya. Karena sebab tersebut munculah gejala-gejala penyakit anemia yang dialami oleh seseorang pasien/penderita.

Anemia merupakan pemicu timbulnya gejala dari penyakit serius lainnya, seperti penyakit kuning, HIV atau Aids, dan bisa saja kanker. Berikut adalah beberapa gejala penyakit anemia yang dialami oleh si penderita sebagai tanda Anda mengalami anemia (kurang darah) yang dirangkum oleh Boldsky.
Gejala Penyakit Anemia dan Penyebabnya
Gejala Penyakit Anemia dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Anemia

Gejala Penyakit Anemia Secara Umum

Sebelum mengetahui apa saja gejala penyakit anemia secara umum Anda perlu juga mengenali gejala anemia sejak usia muda (remaja). Di saat berusia muda, seharusnya lebih sering mengkonsumsi makanan yang bergizi agar tidak mudah terserang anemia. Banyak orang yang menyepelekan penyakit anemia, padahal sebenarnya kondisi seperti ini bisa mengganggu aktifitas harian Anda. Baiklah, sekarang di lanjut ke pembahasan intinya yaitu mengenai gejala-gejala penyakit anemia.

1. Sering merasakan 5L, yaitu lemah, letih, lesu, lelah, dan lalai.

Apabila Anda merasakan kelelahan dalam rentan waktu yang lama atau sekitar satu bulan penuh bahkan lebih, bisa jadi Anda kekurangan sel darah merah. Karena pasokan energi yang dimiliki tubuh cenderung memiliki ketergantungan pada oksidasi dan sel darah merah, itu berarti jika sel darah merah Anda rendah (tidak cukup), maka tingkat oksidasi dalam tubuh ikut berkurang (kelelahan).

2. Sering mengalami sakit kepala disertai mata berkunang-kunang, masalah ini dapat menjadi gejala anemia yang paling menyusahkan.

Penderita anemia sering mengeluh sakit kepala dikarenakan kekurangan darah merah yang menyebabkan otak menjadi kekurangan oksigen, sehingga sakit kepala pun muncul secara terus-menerus.

3. Biasanya bagian kelopak mata, bibir, lidah, dan kulit tubuh (biasanya tangan) penderita anemia berwarna pucat.

Seseorang yang mengidap anemia sangat mudah diketahui dengan cara melihat bagian matanya. Saat meregangkan kelopak mata dan di bagian bawah mata akan terlihat pucat yang menandakan bahwa orang tersebut menderita anemia.

4. Apabila ujung jari ditekan, warna akan berubah menjadi pucat atau putih.

Gejala umum penyakit anemia salah satunya bisa dilihat dari jari, coba tekan ujung jari Anda. Jika kondisi normal daerah yang ditekan tersebut akan berubah jadi warna merah, tetapi apabila warnanya menjadi pucat itu menandakan bahwa Anda menderita anemia.

5. Sesak Nafas

Kekurangan darah dapat menurunkan tingkat oksigen dalam tubuh, sehingga dapat menyebabkan penderita anemia serng mengalami sesak nafas ataupun terengah-engah seperti tidak bisa bernafas saat melakukan aktifitas sehari-hari.

Demikian beberapa gejala penyakit anemia dan penyebabnya yang patut Anda waspadai. Perlu ditegaskan bahwa anemia bukan penyakit sepele yang dapat Anda abaikan begitu saja, jadi untuk berjaga-jaga sering-seringlah Anda mengontrol asupan makanan Anda untuk menjaga kestabilan tubuh.

Namun jika Anda sering mengalami beberapa masalah seperti yang telah disebutkan diatas, berarti Anda sudah 80% menderita anemia. Karena itu bersegeralah ke dokter sebelum gejala-gejala penyakit anemia lainnya mulai Anda rasakan dan bisa memicu penyakit lain menyerang Anda.

No comments:

Post a Comment