Gejala Penyakit Hernia dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Hernia dan Penyebabnya - Penyakit hernia atau yang lebih dikenal masyarakat dengan penyakit turun berok merupakan suatu penyakit yang berurusan dengan organ intim pria dimana ditandai dengan turunnya buah zakar yang disebabkan oleh lapisan otot yang melemah. Memang faktanya penyakit hernia ini di derita oleh kaum pria. Mengetahui hernia secara mendasar, kata hernia sendiri berasal dari bahasa Latin 'herniae' yang berarti isi suatu rongga yang menonjol di bagian dinding rongga melalui jaringan ikat tipis yang lemah. Setelah itu terbentuklah sebuah kantong dari rongga yang lemah yang menyerupai cincin, hal ini sering terjadi di bagian perut. Kebanyakan gejala umum hernia yang dirasakan oleh penderitanya adalah sering merasa nyeri di bagian perutnya ketika mereka terlalu berlebihan dalam beraktifitas atau melakukan kegiatan.
Gejala Penyakit Hernia dan Penyebabnya
Gejala Penyakit Hernia dan Penyebabnya
Penyakit hernia secara sederhana dapat diartikan sebagai kondisi usus yang keluar melalui lubang dinding perut yang menyebabkan terbentuknya benjolan. Untuk melihat benjolan tersebut dapat dilihat di bagian pangkal paha, alat kelamin, pusar perut, dan di bagian-bagian bekas irisan bedah. Tetapi benjolan tersebut ada juga yang tidak terlihat dikarenakan sudah masuk ke dalam.

Penyakit hernia pada anak-anak sering disebabkan oleh procesus vaginalis yang kurang sempurna posisi tertutupnya seiring dengan testis atau buah zakar yang mengalami penurunan. Tetapi bagi penderita orang dewasa, penyakit hernia ini terjadi karena adanya tekanan pada rongga perut yang dipicu oleh lemahnya otot dinding (faktor usia). Sebab itu, perut sering tidak kuat karena terlalu banyak menahan beban isi perut seperti usus. Salah satu gejala penyakit hernia secara umum yang dirasakan oleh penderitanya adalah seperti tidak kuat mengangkat beban yang berat, sulit BAB (terlalu keras saat 'ngeden') atau batuk kronis. Ini semua terjadi disebabkan oleh adanya tekanan dalam perut.
Gejala Penyakit Hernia dan Penyebabnya
Gejala Penyakit Hernia dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Hernia Secara Umum

Gejala penyakit hernia seperti yang telah diketahui tadi biasanya ditandai dengan adanya benjolan yang muncul dari dinding perut, walaupun ada juga yang masuk  ke dalam. Namun, untuk mengetahui lebih lanjut ketahui dulu 3 jenis penyakit hernia berdasarkan gejalanya, yaitu sebagai berikut.

1. Hernia terpuntir yang ditandai dengan gejala seperti berikut :
  • Suplai darah ke usus terhenti dikarenakan hernia tidak dapat masuk kembali.
  • Merasakan kesakitan dengan atau tanpa demam juga salah satu gejala penyakit hernia secara umum.
  • Terjadi beberapa tanda penyumbatan di bagian usus seperti mual dan muntah.

2. Hernia yang tidak dapat kembali ditandai dengan gejala seperti berikut :
  • Benjolan yang muncul diluar tidak dapat masuk lagi ke dalam perut.
  • Benjolan tersebut muncul, tetapi penderita tidak merasakan rasa nyeri dalam jangka panjang.
  • Sama seperti gejala penyakit hernia terpuntir, yaitu terjadinya tanda-tanda penyumbatan pada usus seperti muntah dan mual.
  • Kategori hernia ini dapat berisiko mengalami hernia terpuntir.

3. Hernia yang masih dapat masuk, ditandai dengan gejala seperti berikut :
  • Terdapat benjolan di bagian dinding perut dan pangkal paha tanpa merasakan nyeri apabila benjolan tersebut ditekan.
  • Benjolan akan membesar apabila terjadi tekanan pada perut yang meningkat seperti saat berdiri atau batuk.
  • Apabila di dorong kedalam maka benjolan tersebut dalam masuk, atau tanpa di dorong / tekan pun tetap bisa masuk  dengan sendirinya.

Resiko penyakit hernia ini memang tidak terlihat berbahaya apabila dilihat dari gejala penyakit hernia yang biasanya diderita oleh anak-anak diatas. Namun, jika hernia sudah sampai pada tahap terpuntir hal ini bisa menjadi pemicu terjadinya penumpukan penyakit karena adanya penyumbatan. Sebab itu penderita hernia harus mendapat penanganan medis yang serius seperti operasi untuk menghilangkan benjolan tersebut.

Demikian info mengenai Gejala Penyakit Hernia dan Penyebabnya semoga bermanfaat dan kita dapat terhindar dari penyakit di atas. Aamiin :D

No comments:

Post a Comment