Gejala Penyakit Meningitis dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Meningitis dan Penyebabnya - Di saat Anda beraktifitas, apakah Anda pernah merasakan sakit kepala ? Dan apakah sakit kepala tersebut sering terjadi ? Jika iya maka Anda harus waspada karena bisa saja sakit kepala yang Anda alami tersebut merupakan gejala penyakit meningitis atau radang otak yang mungkin belum Anda ketahui apa penyebabnya.

Sakit kepala bukan satu dari beberapa gejala penyakit meningitis, tetapi bila sakit kepala tersebut dibarengi dengan mual bahkan muntah secara terus-menerus, tidak nafsu makan, dan nadi melemah dengan cepat bisa saja itu tanda-tanda Anda mengalami masalah meningitis (radang otak) karena gejalanya sudah Anda rasakan.

Penyakit meningitis atau yang lebih dikenal dengan istilah radang otak / radang selaput otak adalah suatu penyakit yang menyerang organ di otak, yaitu selaput otak yang melingkupi otak dan korda spinalis, dimana bagian tersebut adalah bagian-bagian dari sistem saraf pusat di otak.
Gejala Penyakit Meningitis dan Penyebabnya
Gejala Penyakit Meningitis dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Meningitis (Radang Otak) Secara Umum

Lantas, bagaimana cara sebenarnya untuk mengetahui bahwa Anda menderita penyakit radang otak ?. Ada beberapa gejala penyakit meningitis atau radang otak yang perlu Anda perhatikan untuk mengetahui apakah masalah (gejala) yang timbul tersebut merupakan tanda Anda terkena meningitis atau tidak, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Sakit kepala yang sering dirasakan, terutama berada di bagian dahi. Jika diobati dengan parasetamol, tidak ada efek apapun.
  • Demam dengan suhu tinggi yang disertai dengan leher terasa kaku.
  • Sakit kepala yang disertai dengan mual dan juga muntah-muntah.
  • Tingkat konsentrasi (kesadaran) Anda menurun dan seperti orang kebingungan.
  • Indra pendengaran dan penglihatan akan terganggu, seperti mata yang tidak tahan lama melihat cahaya yang terlalu terang (photophobia), serta untuk indra pendengaran seperti telinga yang tidak tahan untuk mendengar suara terlalu keras (phonophobia).
  • Gejala penyakit meningitis untuk sebagian orang bisa juga kejang-kejang.
  • Bagi penderita yang masih bayi tidak menunjukkan gejala-gejala yang jelas. Tetapi tetap ada gejala yang timbul, seperti bayi yang tampak lemah, tidak aktif, suka gemetaran, muntah, dan tidak nafsu untuk menyusui.
Gejala Penyakit Meningitis dan Penyebabnya
Gejala Penyakit Meningitis dan Penyebabnya
Gejala-gejala diatas bisa Anda rasakan sewaktu-waktu tanpa Anda sadari. Namun, sekarang apakah Anda tau apa penyebab penyakit meningitis (radang otak) ?, salah satunya adalah dikarenakan bakteri-bakteri tertentu. Mau tau apa saja nama-nama bakteri tersebut ? Sekedar untuk menambah wawasan saja, berikut ini beberapa bakteri tertentu yang menyebabkan penyakit meningitis.

1. Streptococcus pneumoniae, yaitu bakteri yang biasanya menyerang balita sehingga menyebabkan infeksi pneumonia dan sinus.
2. Neisseria meningitidis, yaitu bakteri yang ada akibat penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) dimana bakteri tersebut masuk ke dalam tubuh melalui peredaran darah menuju otak.
3. Haemophilus influenzae, yaitu bakteri yang menyebabkan ISPA, infeksi pada sinus dan telingan bagian dalam.
4. Listeria monocytogenes, yaitu bakteri yang sering bersarang ditempat-tempat berdebu dan makanan yang sudah terkontaminasi, bakteri ini asalnya dari hewan peliharaan.

Sekarang Anda sudah bisa waspada setelah mengetahui sebenarnya apa saja gejala penyakit meningitis dan juga penyebab penyakit radang otak akibat bakteri-bakteri yang sudah dijelaskan diatas. Hanya sekedar mengingatkan jika Anda ingin terhindar dari penyakit yang satu ini Anda harus membiasakan pola hidup sehat seperti olahraga dan makan teratur.

Demikian pembahasan mengenai Gejala Penyakit Meningitis dan Penyebabnya semoga dapat menambah wawasan kita dalam memahami segala macam jenis penyakit terutama penyakit meningitis.

No comments:

Post a Comment