Gejala Penyakit Tipes dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Tipes dan Penyebabnya - Gejala Penyakit Tipes sangat beragam dilihat dari artinya yaitu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dalam usus halus yang terkadang juga terdapat pada aliran darah, penyebabnya adalah kuman Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A, B, dan C. Tak hanya itu, kuman-kuman tersebut juga dapat menyebabkan seseorang keracunan makanan, dan tidak dapat menyerang usus.

Kuman penyebab seseorang mengidap penyakit tipes (tifus) ini masuk kedalam tubuh melalui saluran pencernaan yang akan berkembang biak secara alami, lalu menembus dinding-dinding usus menuju saluran limfa, dan yang terakhir adalah masuk ke dalam pembuluh darah dalam rentan waktu 24 - 72 jam. Akibat dari pembiakan kuman ini pada sistem retikuloendothelial dapat menyebabkan penyebaran kembali kuman-kuman ke pembuluh darah yang nantinya akan menimbulkan berbagai gejala klinis.

Membahas mengenai apa gejala penyakit tipes yang dialami oleh si penderita ini tidak bisa disimpulkan dari satu gejala, karena masih banyak faktor lain yang beresiko menimbukan tipes. Berikut ini terdapat sedikit uraian mengenai beberapa gejala penyakit tipes yang paling sering dialami oleh penderitanya.
Gejala Penyakit Tipes dan Penyebabnya
Gejala Penyakit Tipes dan Penyebabnya

 Gejala Penyakit Tipes

Gejala Penyakit Tipes dan Penyebabnya :

1) Demam yang semakin hari semakin tinggi suhunya, terutama pada saat sore dan malam hari. Biasanya terjadi selama 7 - 10 hari, dan setelah itu panasnya mulai kembali normal layaknya orang sehat lainnya. Gejala tipes yang satu ini umumnya akan merasa baikan di pagi hari, tetapi saat menjelang malam kondisi kesehatan si penderita akan menurun lagi.

2) Konsentrasi atau kesadaran sudah mulai menurun, biasanya terjadi pada keadaan yang berat dan penderita akan bertambah sakit.

3) Lidah kotor juga salah satu gejala umum tipes, gejala yang satu ini merupakan kondisi dimana bagian tengah lidah berwarna putih dan pinggirnya merah. Biasanya lidah akan terasa pahir dan cenderung ingin mengkonsumsi makanan yang mengandung rasa asam atau pedas.

4) Mual dan bisa saja muntah.
Pembiakan bakteri atau kuman Salmonella typhi ini mengakibatkan terjadinya pembengkakan dan akhirnya akan menekan lambung sehingga terasa mual dan ingin muntah-muntah.

5) Diare atau Mencret juga gejala yang timbul oleh penderita tipes yang di sebabkan oleh sifat bakteri yang menyerang saluran pencernaan sehingga menyebabkan disfungsi (gangguan) penyerapan cairan dan akhirnya terjadinya diare atau mencret, namun dalam beberapa kasus justru menyebabkan konstipasi atau sulit buang air besar.

Dari sekian banyak gejala penyakit tipes secara umum yang dialami oleh penderitanya apakah Anda termasuk mengalami salah satunya ?. Jika iya ketahui dulu apa penyebab penyakit tipes, berikut ini penjelasannya.
Gejala Penyakit Tipes dan Penyebabnya
Gejala Penyakit Tipes dan Penyebabnya

Penyebab Penyakit Tipes

Penyakit tipes disebabkan oleh perkembang biakan bakteri Salmonella typhi dalam waktu yang relatif singkat pada tempat-tempat yang kotor. Penyebaran bakteri hasil pembiakan ini dibantu oleh serangga-serangga pembawa bakteri seperti lalat ataupun semacamnya. Proses penyebarannya adalah dengan menghinggapi makanan atau minuman yang akan Anda konsumsi, jadi jika Anda ingin makan atau minum tiba-tiba makanan / minuman tersebut dihinggapi lalat lebih baik jangan di konsumsi karena bisa memicu timbulnya penyakit tipes yang bisa saja Anda derita di kemudian hari.

Tanda-tanda penyakit tipes tersebut juga sebagai ciri-ciri gejala tipes (tifus) yang umum terjadi, yang dijadikan acuan pembeda yaitu dengan tanda-tanda penyakit lainnya. Oleh karena itu, sangat disarankan apabila Anda mengalami beberapa gejala penyakit  tipes dan penyebabnya seperti yang telah disebutkan di atas, cepat-cepat berkonsultasi langsung ke klinik, puskesmas, ataupun rumah sakit terdekat untuk mendapat keterangan akurat dan pengangan pertama lebih cepat.

Bila informasi di atas bermanfaat silahkan share on FB_Like, Tweet or G+ agar pengetahuan di atas dapat diketahui oleh keluarga, sanak saudara, teman sejawat dan orang lain yang menginginkan informasi ini. Trimakasih.

No comments:

Post a Comment