Gejala Sakit Maag dan Penyebabnya

Gejala Sakit Maag dan Penyebabnya - Secara umum penyakit maag adalah penyakit yang menyerang lambung sehingga membuatnya lemah dan tak mampu berkontraksi secara normal dikarenakan adanya luka pada lambung, efeknya perut terasa sakit, mulas, dan perih.

Namun, secara ilmiah maag disebut juga Gastritis yang berasal dari kata Gastro yaitu lambung dan Itis yang berarti peradangan. Banyak sekali orang yang menganggap penyakit maag ini adalah penyakit yang biasa, padahal sebenarnya penyakit ini cenderung berbahaya apabila tidak diobati sesegera mungkin. Jika peradangan yang terjadi di lambung ini di abaikan maka akan mengakibatkan borok (ulcer) di bagian lambung yang beresiko terkena kanker lambung yang berujung pada kematian.
Gejala Sakit Maag dan Penyebabnya
Gejala Sakit Maag dan Penyebabnya
Penyebab penyakit maag sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor sehingga menimbulkan gejala-gejala penyakit maag, seperti pola hidup yang tidak sehat karena sering mengkonsumsi alkohol, pola makan yang tidak teratur, stres, merokok, terinfeksi oleh bakteri atau virus, sering mengkonsumsi obat-obatan berdosis tinggi secara berlebih, kandungan asam perut yang berlebihan, dan masih banyak lagi.

Gejala-gejala penyakit maag yang timbul akibat bakteri Helicobacter pylori ini bermacam-macam tergantung seberapa parah maag yang Anda derita. Secara umum ulu ati akan terasa sakit itu merupakan gejala awal penyakit maag, dan tak hanya itu gejala penyakit maag yang biasa timbul seperti rasa nyeri, perut perih, mual yang berujung muntah-muntah, merasa cepat kenyang.

Untuk mengatasi penyakit maag ini Anda perlu mengenal gejala penyakit maag yang disebabkan oleh terlambatnya makan (tidak tepat waktu) dan juga pola makan yang tidak teratur. Sebelum penyakit ini muncul atau menyerang Anda, pasti ada gejala-gejala awal yang perlu diwaspadai.
Gejala Sakit Maag dan Penyebabnya
Gejala Sakit Maag dan Penyebabnya

Gejala Sakit Maag Secara Umum

Gejala penyakit maag pada awalnya berupa peradangan di bagian dinding lambung yang apabila dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan tukak lambung, dan bisa berakibat fatal. Berikut terdapat beberapa gejala penyakit maag yang sering dialami oleh penderitanya secara umum.

1. Perut Kembung
Akibat asam lambung yang bertambah dan enzim di bagian alat pencernaan berkurang dapat menyebabkan perut kembung yang berakibat pada penyakit maag.

2. Mual dan Muntah sering terjadi diakibatkan oleh impuls dari otak bawah yang berkaitan dengan saraf perasa sakit dan iritasi dari traktus gastrointestinal.

3. Sering merasa lapar dikarenakan terlambatnya makan sehingga penderita maag sering kali mengambil keputusan untuk makan dengan porsi yang berlebihan agar dapat menampung lambung yang kosong. Sebenarnya hal ini merupakan kesalahan besar, karena dengan makan yang banyak saat kondisi lambung kosong ini bisa membuat rasa lapar semakin terasa karena otak terprogan bahwa makanan yang di konsumsi belum mencukupi asupan gizi makanan ideal yang sehari-hari.

4. Saat buang air besar biasanya terasa sakit, akibatnya terjadi gangguan pencernaan termasuk saluran pembuangan akhir.

5. Gejala lain penyakit maag yang paling umum adalah terasa perih pada perut (nyeri), sering bersendawa, mual dan muntah, kehilangan nafsu makan, cegukan, dan juga diare.

Secara keseluruhan, memang penyakit maag ini tergolong ringan dilihat dari gejala penyakit maag yang timbul tadi tidak terlalu berbahaya. Tetapi kita harus tetap waspada walaupun sebenarnya gejala penyakit maag ini dapat dengan mudah disembuhkan dengan cara berobat ke dokter. Namun, alangkah lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?.

Baiklah demikian uraian singkat mengenai Gejala Sakit Maag dan Penyebabnya semoga dapat menambah pengetahuan kita.

No comments:

Post a Comment