Gejala Usus Buntu dan Penyebabnya

Advertisement

Gejala Usus Buntu dan Penyebabnya - Penyakit usus buntu (appendicitis) merupakan kondisi membengkaknya appendix yang terisi penuh oleh nanah. Appendix ini adalah sebutan untuk kantong yang berbentuk menyerupai jari dan menonjol keluar dari usus besar dibagian bawah sebelah kanan perut. Rasa nyeri yang ditimbulkan oleh penyakit usus buntu ini merupakan salah satu gejala penyakit usus buntu yang dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

Biasanya penyakit usus buntu ini sering menyerang orang-orang yang berusia antara 10 sampai 30 tahun, cara mengobati penyakit usu buntu ini secara umum dilakukan dengan cara operasi untuk mengeluarkan appendix dari dalam perut. Untuk mengetahui apa penyebab penyakit usus buntu dapat Anda lihat berikut ini penjelasannya.
Gejala Usus Buntu dan Penyebabnya
Gejala Usus Buntu dan Penyebabnya

Penyebab Penyakit Usus Buntu

Penyebab dan Faktor Resiko Penyakit Usus Buntu :

1) Penyumbatan
Terisinya lubang pada rongga perut dalam appendix dengan sisa makanan atau kotoran yang mengeras ini dapat menyebabkan penyumbatan sehingga bisa menjadi pemicu usus buntu.

2) Infeksi.
Penyakit usus buntu bisa juga dikarenakan infeksi, seperti infeksi virus gastrointestinal, dan juga bisa dikarenakan jenis pembengkakan lainnya.

Dari dua masalah diatas, tentunya bakteri dapat menyerang dengan cepat sehingga menyebabkan terjadinya peradangan pada appendix dan lama kelamaan akan terisi penuh oleh nanah. Jika tidak segera diobati, maka appendix tersebut dapat pecah. Agar lebih jelasnya mengenai penyakit usus buntu ini, telah di uraikan beberapa gejala penyakit usus buntu yang mungkin dapat menambah wawasan Anda ataupun sebaliknya, yaitu membantu Anda mengatasi penyakit usus buntu yang sedang menerpa Anda.
Gejala Usus Buntu dan Penyebabnya
Gejala Usus Buntu dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Usus Buntu

Gejala Umum Penyakit Usus Buntu :

Beberapa tanda dan gejala usus buntu (appendicitis) adalah sebagai berikut :
  • Nyeri dan gatal dibagian perut yang lama-kelamaan akan merambat ke bagian perut kanan bagian bawah.
  • Nyeri dalam waktu yang cukup lama.
  • Mati rasa saat Anda menekan perut bagian kanan bawah.
  • Nyeri yang berlebih dibagian perut bagian kanan bawah jika ditekan dan dilepas tekanannya tersebut dengan cepat.
  • Mual-mual disertai muntah.
  • Tidak selera makan.
  • Demam ringan.
  • Sulit buang angin.
  • Diare
  • Terjadi pembengkakan di daerah perut.

Yang jelas gejala usus buntu biasanya muncul dibagian perut, karena letak usus itu dibagian perut tetapi untuk usus buntu lebih spesifik berada di sebelah kanan bawah. Jadi jika terasa aneh pada lokasi tersebut dan Anda tidak mengetahui apa penyebabnya lebih baik Anda langsung berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan keterangan lebih jelasnya.

Bisa saja itu merupakan gejala penyakit usus buntu dan penyebabnya adalah karena kebiasaan buruk Anda, seperti masalah sepele yaitu saat ingin membuang angin atau gas ini sebaiknya cepat-cepat dikeluarkan, maksudnya jangan terlalu sering ditahan karena dapat membahayakan kesehatan Anda sendiri.

Simak juga Obat Usus Buntu Alami dan Tradisional. Bila informasi di atas bermanfaat silahkan share on FB_Like, Tweet or G+ agar pengetahuan di atas dapat diketahui oleh keluarga, sanak saudara, teman sejawat dan orang lain yang menginginkan informasi ini. Trimakasih.

No comments:

Post a Comment