Gejala Penyakit Alzheimer dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Alzheimer dan Penyebabnya - Penyakit alzheimer adalah salah satu penyakit yang sangat sulit untuk dikenali saat ini, tetapi kita dapat mengetahui penyakit ini melalui gejala penyakit alzheimer yang disebabkan oleh beberapa faktor. Secara umum penyakit alzheimer adalah jenis penyakit yang membuat seseorang sangat sulit untuk berfikir. Biasanya penyakit ini diderita saat memasuki usia yang sudah tidak produktif lagi dengan kata lain beranjak tua.

Gejala Penyakit Alzheimer dan Penyebabnya
Gejala Penyakit Alzheimer dan Penyebabnya
Resiko untuk mengidap penyakit alzheimer biasanya meningkat seiring pertambahan usia, diawali saat memasuki usia 65 tahun seseorang  beresiko lima persen mengidap penyakit ini dan akan terus bertambah dua kali lipat setiap 5 tahun berikutnya, pendapat ini dikemukakan oleh seorang dokter. Menurut dokter tersebut, walaupun penyakit alzheimer ini sering dikaitkan dengan orang tua tetapi sejarah tetap membuktikan bahwa penderita penyakit alzheimer yang paling dikenali adalah kebanyakan wanita saat usia awal 50 tahun.

Faktor Resiko Penyebab Penyakit Alzheimer

Secara umum faktor resiko penyebab penyakit alzheimer ini diantaranya adalah:
  • Penderita menderita hipertensi yang mencapai usia 50 tahun keatas
  • Pengidap juga menderita penyakit kencing manis
  • Kurang berolahraga
  • Jumlah kolestrol dalam tubuh yang tinggi
  • Faktor keturunan atau memiliki anggota keluarga yang positif mengidap penyakit ini juga saat usia 50 tahunan.

Gejala Penyakit Alzheimer

Gejala - gejala penyakit alzheimer ini dapat dibedakan menjadi gejala yang ringan dan gejala yang berat. Berikut ini ada 10 tanda-tanda atau gejala seseorang mengidap penyakit alzheimer, kesepuluh gejala tersebut adalah :
  • Adanya gangguan memori yang dapat mempengaruhi keterampilan pekerjaan, misalnya seperti lupa dimana meletakkan kunci mobil, lupa nomor telfon seseorang atau kantor, dan juga biasanya penderita alzheimer sering lupa mencampurkan gula kedalam minuman.
  • Kesulitan saat mengerjakan tugas yang biasa dilakukan, misalnya seperti tidak mampu untuk mengurus diri sendiri.
  • Saat berbicara lidah terasa berat atau kesulitan berbicara.
  • Disorientasi waktu, tempat, dan orang. Misalnya seperti bingung dengan keadaan sekitar rumah. Atau bisa juga tidak mengenal teman-temannya dan anggota keluarganya sendiri.
  • Saat mengambil keputusan yang tepat rasanya sangat sulit karena bingung.
  • Saat berfikir abstrak otak juga merasa kesulitan, seperti orang yang kesakitan saat mendengar suara dan sering berhalusinasi melihat bayangan yang menakutkan.
  • Salah meletakkan barang pada tempatnya.
  • Sikap, perilaku, dan mood mengalami perubahan. Seperti misalnya menjadi agresif, cepat naik darah, dan tidak ada semangat untuk melakukan hobi yang diminatinya.
  • Kepribadian diri seorang penderita alzheimer juga berubah, seperti sering menjerit dan suka mengikuti seseorang kemana saja walaupun ke WC.
  • Hilangnya minat dan inisiatif.

Secara umum orang yang menderita penyakit ini biasanya berujung dengan kematian akibat terjadinya radang paru-paru atau pneunomia. Sebenarnya penyakit alzheimer ini dapat dicegah dengan cara seperti sering mengkonsumsi minyak ikan, sering berolahraga dengan rutin, dan melakukan berbagai macam kegiatan yang bermanfaat untuk otak. Tetapi ada sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa cara mencegah penyakit alzheimer seperti yang disebutkan tersebut tidak terbukti kuat dapat mencegah penyakit ini karena dokter sepenuhnya juga tidak mengerti bagaimana penyakit alzheimer ini dapat berkembang ataupun membaik.

Demikian ulasan mengenai Gejala Penyakit Alzheimer dan Penyebabnya semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta semoga kita terhindar dari penyakit alzheimer. Aamiin

No comments:

Post a Comment