Gejala Penyakit Bronkitis Akut dan Kronis Serta Penyebabnya Secara umum

Gejala Penyakit Bronkitis Akut dan Kronis Serta Penyebabnya Secara umum - Penyakit Bronchitis atau Bronkitis merupakan suatu penyakit yang diawali dengan gejala peradangan yang terjadi pada pipa bronchial. Pipa ini berperan untuk mengalirkan udara dari (pipa) menuju jantung. Penyakit bronkitis tergolong menjadi dua tipe, yaitu Bronchitis akut dan Bronchitis kronis dimana kedua gejala penyakit bronkitis tersebut memiliki persamaan dan perbedaan tersendiri.
Gejala Penyakit Bronkitis Akut dan Kronis Serta Penyebabnya Secara umum
Contoh Positif Bronkitis dan Bronkus Normal
Gejala penyakit bronkitis akut secara umum sering kali berawal dari flu ataupun infeksi di bagian pernapasan lainnya. Bronkitis akut biasanya pulih dalam kurun waktu beberapa hari tanpa ada efek sedikitpun walaupun Anda mengalami batuk-batuk secara terus menerus dalam beberapa minggu.

Sedangkan penyakit bronkitis kronis lebih serius gejala dan efeknya dibanding dengan bronkitis akut. Kondisi bronkitis kronis ini berupa iritasi atau terjadinya peradangan secara konstan di bagian pipa bronchial yang sering disebabkan oleh kebiasaan merokok. Jadi mungkin saja Anda menderita bronkitis kronis jika sering merokok, oleh karena itu jauhilah rokok mulai sekarang untuk menjaga kondisi kesehatan Anda.

Untuk mengatahui apakah Anda mengidap penyakit bronkitis akut ataupun kronis perlu diketahui dulu apa gejala penyakitnya sebelum melakukan pengobatan untuk bronkitis yang biasanya difokuskan untuk meredakan gejala diawal setelah itu proses untuk memudahkan jalan nafas. Berikut ini beberapa gejala penyakit bronkitis akut dan kronis yang perlu Anda ketahui:
  • Batuk Berdahak dan Flu
  • Terdapat lendir (entah itu berwarna putih, kuning kehijauan, ataupun tidak berwarna sama sekali alias bening)
  • Nafas pendek saat mengeluarkan sedikit tenaga untuk kerja beban berat.
  • Sesak Nafas.
  • Kelelahan.
  • Demam ringan disertai menggigil.
  • Rasa tidak nyaman di bagian dada.

Selain gejala diatas, ada juga gejala-gejala lain penyebab bronkitis seperti bengek. Masalah ini akan dialami oleh seseorang yang mengeluarkan suara kecil dari dalam dada sampai tenggorokan. Secara umum gejala penyakit bronkitis yang timbul biasanya adalah terjadinya pembengkakan pada pergelangan kaki, tungkai kaki kanan dan kiri. Selain itu wajah dan telapak tangan juga berubah warna menjadi agak kemerahan. Untuk wajah biasanya di bagian pipi yang berubah warna menjadi agak kemerahan serta gangguan penglihatan.

Dalam beberapa kasus juga terdapat beberapa gejala bronkitis yang tidak bisa ditentukan jenisnya, oleh sebab itu gejala ini sering disebut dengan gejala penyakit bronkitis infeksiosa yang diawali dengan gejala seperti hidung meler, kelelahan, sakit punggug, otot nyeri, demam ringan, batuk tidak berdahak yang kemudian akan mengeluarkan dahan berwarna putih atau kuning, dan juga biasa diawali dengan rasa nyeri pada tenggorokan. Untuk gejala batuk, biasanya dahak akan bertambah banyak dan warnanya akan berubah menjadi kuning atau hijau.

Gejala-gejala penyakit bronkitis tersebut bisa juga membuat kondisi tubuh Anda semakin melemah dan tidak dapat melakukan aktifitas keseharian Anda, oleh karena itu perlu penanganan secepat mungkin agar tidak memicu timbulnya penyakit lainnya yang mungkin menyerang Anda.

Demikian info lengkap mengenai Gejala Penyakit Bronkitis Akut dan Kronis Serta Penyebabnya Secara Umum semoga bermanfaat dan semoga kita terhindar dari penyakit tersebut.

No comments:

Post a Comment