Gejala Penyakit HIV AIDS dan Penyebabnya

Gejala Penyakit HIV dan Penyebabnya - Banyak orang yang putus asa apabila sudah mendengar HIV, apalagi kalau orang tersebut adalah penderita HIV pasti secara tidak langsung lama-kelamaan akan membuat orang tersebut menjadi pasrah. Tetapi hal tersebut tidak benar, Anda harus berani untuk melawan penyakit tersebut. Anda tidak perlu depresi jika belum mengetahui secara benar mengenai penyakit ini, apalagi jika Anda tidak mengetahui gejala penyakit HIV. Oleh karena itu berikut ini ada penjelasan singkat mengenai penyakit HIV atau AIDS yang diharapkan berguna untuk menambah wawasan Anda.
Gejala Penyakit HIV AIDS dan Penyebabnya
Gejala Penyakit HIV AIDS dan Penyebabnya

Apa itu HIV / AIDS ?

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus berbahaya yang dapat penyebabkan AIDS. Virus ini dapat merusak sistem imun atau daya tahan tubuh manusia dengan cara menyerang sistem kekebalan/sistem imun secara langsung sehingga tubuh menjadi tidak berdaya (lemah) saat melawan infeksi.

Sampai saat ini belum diketahui secara betul apa penyebab utama adanya virus HIV. Virus yang dikenal pada tahun 1959 ini awalnya ditemukan lewat sampel darah seorang pria dari Kinshasa di Replubik Congo dimana dia ataupun dokter sendiri tidak tahu bagaimana ia bisa terinfeksi penyakit tersebut.
Gejala Penyakit HIV AIDS dan Penyebabnya
Gejala Penyakit HIV AIDS dan Penyebabnya

Gejala Penyakit HIV / AIDS

Gejala Penyakit HIV / AIDS Secara Umum

Salah satu gejala penyakit HIV / AIDS secara umum adalah merusak sistem imun tubuh sehingga membuat penderitanya lemah seperti yang telah dijelaskan tadi. Di Indonesia sendiri, statistik penderita HIV / AIDS sekitar 170.000 - 210.000 dari kira-kira 220.000.000 penduduk Indonesia yang positif mengidap penyakit HIV / AIDS. Angka kematian di Indonesia akibat penyakit ini diperkirakan mencapai sekitar 5.500 jiwa.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai penyakit ini, berikut ini beberapa tanda-tanda atau gejala penyakit HIV yang secara umum dialami oleh penderitanya :

1. Demam

Salah satu gejala awal HIV adalah demam ringan dengan suhu mencapai 102 derajat Fahrenheit. Namun, jika tidak terjadi demam tanda lain yang mengikuti adalah kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, dan kelelahan.

2. Kelelahan

Sama seperti yang dijelaskan tadi di awal, gejala umum penyakit HIV adalah kelelahan. Hal ini terjadi karena respon inflamasi yang dihasilkan oleh sistem imun tubuh yang tersimpan dapat membuat Anda merasa lelah dan lesu.

3. Pegal Otot, Nyeri Sendi, dan Terjadinya Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Flu, mononucleosis, infeksi virus, hepatitis, bahkan sifilis sering dianggap sebagai gejala HIV. Ini memang tidak mengherankan karena terdapat gejala lain yang sama, semacam nyeri sendi dan kelenjar getah bening.

Kelenjar getah bening adalah salah satu bagian dari sistem imun tubuh yang cenderung meradang saat ada infeksi. Biasanya terdapat di sekitar ketiak, leher, dan pangkal paha.

4. Sakit Tenggorokan dan Sakit Kepala
5. Ruam Kulit
6. Mual, Muntah, dan Diare
7. Terjadi penurunan berat badan
8. Batuk Kering
9. Pneumonia
10. Berkeringan saat Malam Hari
11. Perubahan Bentuk Kuku
12. Infeksi Jamur
13. Sulit Berkonsentrasi dan Sering Kebingungan
14. Cold Sores (Herpes Genital)
15. Kesemutan dan lemah
16. HAID yang tidak teratur

Melihat gejala penyakit HIV diatas memang membuat kita khawatir akan kondisi kesehatan, takutnya secara mendadak kita mengalami salah satu tanda-tanda diatas dan kita langsung menentukan sepihak bahwa kita menderita HIV. Tetapi hal ini salah, Anda wajib mengetahui informasi sebenarnya dengan cara berobat ke dokter di rumah sakit atau bisa juga di Puskesmas terdekat, jangan ditunda teralu lama agar tidak terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan pada diri Anda.

Demikian pembahasan kita kali ini mengenai Gejala Penyakit HIV AIDS dan Penyebabnya semoga bermanfaat untuk kita semua.

No comments:

Post a Comment