Gejala Penyakit Lupus dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Lupus dan Penyebabnya - Penyakit Lupus berasal dari bahasa latin yang berarti anjing hutan, namun istilah lupus ini sering dipakai untuk menyebut penderita penyakit ini memiliki ruam merah yang menyerupai bentuk kupu-kupu yang hampir serupa dengan pipi serigala, bedanya terlihat dari warna putih. Penyakit lupus ini dikenal sejak satu abad yang lalu, dan dianggap mematikan sehingga disetarakan dengan penyakit kanker karena dari beberapa kasus banyak penderita penyakit lupus yang tidak tertolong alias meninggal. Telah diperkirakan sekitar lebih dari 5 juta orang menderita penyakit lupus di dunia dari 100.000 kasus baru seputar penyakit ini.

Gejala Penyakit Lupus dan Penyebabnya
Gejala Penyakit Lupus dan Penyebabnya
Dalam ilmu kedokteran penyakit lupus lebih dikenal dengan Systemic Lupus Erythematosus (SLE) atau penyakit yang disebabkan oleh berlebihnya sistem kekebalan tubuh (autoimmune disease), didalam imu immunologi penyakit lupus adalah kebalikan dari penyakit kanker dan AIDS karena penderita penyakit lupus ini memiliki jaringan yang dianggap adalah benda asing dalam tubuh.

Terdapat beberapa jenis penyakit lupus yang perlu Anda ketahui, berikut ini beberapa jenis penyakit lupus yang banyak menginfeksi seseorang di dunia :
1. Cutaneus Lupus : Lebih sering disebut dengan discoid yang memengaruhi kulit.
2. Systemic Lupus Erythematosus (SLE) : Penyakit lupus enis ini menyerang organ tubuh bagian kulit, persendian, darah, ginjal, jantung, hati, otak, paru-paru, dan syaraf.
3. Drug Induced Lupus (DIL) : Penyakit lupus jenis ini timbul karena memakai obat-obatan tertentu. Namun, apabila pemakaian dihentikan pada umumnya gejala penyakit lupus akan hilang.

Gejala Penyakit Lupus

Gejala Penyakit Lupus (Ciri-ciri Penyakit Lupus) :

Untuk lebih lengkapnya mengenai penyakit lupus, berikut ini adalah beberapa gejala yang sering dijumpai adalah :
  • Mengalami gangguan pencernaan dan kulit mudah gosong (hitam) karena peka dengan sinar matahari.
  • Badan terasa lemah dan lelah yang berlebihan, juga biasanya disertai dengan pegal-pegal bahkan demam.
  • Pada kulit wajah akan timbul ruam merah yang memanjang di kedu pipi menyerupai kupu-kupu. Namun, ada jga ruam merah yang menyerupai cakram yang bisa muncul di seluruh kulit tubuh dengan tekstur menonjol dan terkadang bersisik.
  • Anemia akibat sel-sel darah merah yang hancur disebabkan oleh penyakit lupus ini.
  • Sering mengalami kerontokan pada rambut dan rendahnya sel darah (trombosit).

Secara umum para penderita penyakit lupus mengalami beberapa gejala seperti adanya kelainan pada kulit seperti warna kemerahan di bagian pipi dan hidung, bercak merah di bagian wajah dan lengan, rasa lelah dalam waktu yang lama, rambut rontok, pembengkakan pada persendian, dan sariawan. Memang dilihat dari gejala penyakit lupus ini dominan menyerang kulit, tetapi ternyata setelah diteliti lebih lanjut gejala penyakit ini juga dapat menyerang hampir seluruh organ tubuh yang ada di dalam.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah mengalami beberapa gejala-gejala diatas bisa saja Anda positif menderita lupus, tetapi Anda juga jangan langsung mengambil keputusan sendiri. Lebih baik Anda berkunjung ke rumah sakit untuk berkonsultasi dengan dokter sesegera mungkin agar tidak membuat Anda stress karena memikirkan masalah ini.

Demikian arikel saya kali ini yang berjudul Gejala Penyakit Lupus dan Penyebabnya semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment