Gejala Penyakit Malaria dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Malaria dan Penyebabnya - Penyakit malaria adalah penyakit yang sejenis dengan demam berdarah, tetapi penyakit ini ditularkan oleh nyamuk yang dapat membuat seseorang berkondisi fatal apabila tidak ditangani dengan benar dan sesegera mungkin. Saat ini di perkirakan sekitar 450 spesies plasmodium yang ada di muka bumi, namun empat diantaranya adalah parasit plasmodium yang menjadi 'perhatian' karena parasit ini lah yang paling sering menyebabkan seseorang menderita malaria. Penderita yang terinfeksi nyamuk ini dapat menimbulkan beberapa gejala penyakit malaria yang perlu di identifikasi lebih lanjut.

Gejala Penyakit Malaria dan Penyebabnya
Nyamuk Penyebab Penyakit Malaria
Secara umum penyebab malaria akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti betina. Keempat parasit plasmodium tersebut adalah yang paling sering menyebabkan penyakit malaria di Indonesia, keempat jenisnya adalah :
  1. Plasmodium Malarie
  2. Plasmodium Vivax
  3. Plasmodium Ovale, dan
  4. Plasmodium Falciparum

Parasit plasmodium membutuhkan beberapa hari untuk menimbulkan gejala penyakit malaria, rentang waktu ini sering disebut dengan masa inkubasi.
  • Plasmodium Malarie -> masa inkubasinya sekitar 18 - 40 hari.
  • Plasmodium Vivax dan Plasmodium Ovale -> masa inkubasinya sekitar 12 - 18 hari.
  • Plasmodium Falciparum -> masa inkubasinya sekitar 9 - 14 hari.

Dalam beberapa kasus tertentu, gejala malaria bisa timbul hanya dalam waktu 7 hari atau 1 minggu saja, tetapi ada juga yang mencapai 8 - 10 bulan pada parasit Plasmodium Ovale dan Plasmodium Vivax. Dari keempat parasit tersebut, yang paling berbahaya adalah P. Falciparum karena gejala yang timbul sangatlah fatal, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Gejala Penyakit Malaria dan Penyebabnya
Gejala Penyakit Malaria dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Malaria

Gejala penyakit malaria sangatlah beragam, mulai dari yang ringan sampai yang berat. Bagi sebagian orang yang menempati wilayah endemis mungkin sudah terinfeksi berkali-kali dan gejala yang timbul masih tergolong ringan, bahkan gejala malaria tersebut sama sekali tidak ada. Berat ataupun ringannya gejala penyakit malaria dapat dipengaruhi oleh imunitas dan jenis plasmodium yang menyerang.

Secara umum gejala awal penyakit malaria hampir mirip dengan gejala flu atau penyakit lainnya karena terinfeksi virus dan bakteri tertentu, diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Demam
2. Menggigil Kedinginan
3. Pusing.
4. Berkeringat.
5. Kelelahan.
6. Mual bahkan muntah.
7. Diare

Gejala diatas akan hilang dan timbul sesuai dengan perkembangan parasit dalam tubuh yang tumbuh dan berkembang biak lalu dilepaskan oleh darah dan hati. Plasmodium yang berkembang biak dalam darah dan hati dapat menyebabkan kerusakan hati. Adapun tanda-tanda seseorang menderita malaria lainnya seperti siklus demam yang berulang-ulang, limpa yang membesar, dan masih banyak lagi. Oleh karena ini pencegahan malaria adalah langkah terbaik karena walau bagaimanapun penderita malaria yang sudah diberi pengobatan masih berisiko tinggi mengalami kematian.

Demikian artikel mengenai Gejala Penyakit Malaria dan Penyebabnya semoga bermanfaat bagi kita sebagai pengetahuan dari berbagai penyakit berbahaya seperti malaria.

No comments:

Post a Comment