Obat Sinusitis Alami dan Tradisional

Sinus adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menimbulkan alergi terhadap serbuk sari, jamur, debu, dan bulu binatang. Bahan kimia, polusi udara, dan asap rokok juga menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit sinus.

Penyakit sinus atau sinusitis bisa juga terjadi akibat adanya penyumbatan (obstruksi) di bagian salah satu tulang kecil hidung yang bentuknya menyimpang dan sekresi lendir dalam rongga hidung.

Apabila penyakit ini sudah menginfeksi Anda selama kurang dari empat minggu, itu merupakan gejala sinusitis yang sifatnya akut sehingga harus cepat-cepat di obati. Untuk mengobati penyakit sinus sudah banyak dokter yang memberikan resepnya, namun selain dengan resep dokter, ternyata penyakit sinusitis dapat diobati dengan memanfaatkan tumbuhan alami yang di jadikan sebagai ramuan tradisional, seperti berikut ini.

Obat Sinusitis Alami dan Tradisional


1. Minyak Kayu Putih
Siapa yang tidak kenal dengan minyak kayu putih ?, minyak yang paling sering menemani orang-orang saat berpergian jauh yang dipercaya dapat mengatasi pusing ringan saat berjalan jauh. Namun selain untuk mengatasi pusing ternyata minyak kayu putih juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit sinus, caranya adalah dengan meminum dengan dosis 200 mg setiap tiga kali sehari.

Hal ini dapat mempercepat proses pemulihan pada penderita sinusitis. Dalam dunia medis, minyak kayu putih juga memiliki sifat antibakteri yang bertindak sebagai ekspetoran yang manfaatnya adalah untuk membersihkan lendir dari saluran pernapasan.

2. Minyak Atsiri
Minyak Atsiri Untuk Obat Sinus
Minyak Atsiri Untuk Obat Sinus
Pengidap sinus atau sinusitis juga dapat memilih minyak atsiri sebagai alternatif penyembuhan karena sudah banyak yang membuktikannya untuk melawan gejala sinusitis.

3. Tanaman Lobak
Lobak Untuk Obat Sinus
Lobak Untuk Obat Sinus
Penyumbatan akibat infeksi sinus dapat diatas dengan lobak, karena dapat membantu mengencerkan serta melarutkan lendir dalam rongga hidung agar menguranginya. Di dalam lobak terkandung senyawa sulfur yang mampu untuk membunuh virus penyebab sinusitis.

4. Air Garam
Mencuci hdung menggunakan air asir atau air garam juga dapat menjaga saluran hidung agar tetap terbuka dan dapat mengeluarkan lendir serta kuman dari dalam hidung. Berkumur menggunakan air garam yang hangat juga dapat mengurangi sinusitis. Untuk tips tambahan usahakan untuk tidak mandi dengan air yang sangat dingin karena akan menambah gejala sinusitis Anda, karena itu gunakanlah air hangat saat mandi.

5. Diet Khusus
Diet khusus seperti minum jus jeruk atau konsumsi buah jeruk dapat mengurangi produksi lendir. Segala jenis makanan atau buah-buahan yang mengandung vitamin C akan membantu menjaga sistem imun tubuh terhadap infeksi virus. Saat menderita sinusitis, biasakan untuk banyak minum air setiap hari, minimal 8 gelas/hari agar cairan atau lendiri didalam rongga hidung tidak mengental.

Simak juga gejala penyakit sinusitis dan penyebabnya. Beberapa obat sinus alami dan tradisional tersebut dapat Anda coba sendiri dan buktikan mana yang khasiatnya paling cepat terasa, dalam arti membaik. Dengan menggunakan cara herbal mungkin dapat dibarengi dengan menggunakan obat resep dokter untuk mempercepat proses pemulihan Anda.

No comments:

Post a Comment